A. PENDAHULUAN
1. LATAR
BELAKANG
Berdasarkan GBHN Tahun 1999, arah kebijaksanaan pengem-bangan
Sumber Daya Manusia dibina secara terarah, dan menyeluruh agar
generasi muda dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensinya.Guna
melaksanakan GBHN tersebut, Menteri Pendidikan Nasional melalui SK
No.051/0/2001 tanggal 19 April 2001 bahwa Direktorat PAUD mempunyai misi utama
yaitu :
1. Mengupayakan pemerataan mutu dan efesiensi penye- lenggaraan
pendidikan dini
2. Meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan anak
usia dini bagi masa depan anak-anaknya.
3. Meningkatkan kesadaran /kemampuan dan peran serta masyarakat dalam
penyelenggaraan pendidikan usia dini.
Untuk
mendukung program pemerintah meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, dan turut
serta mewujudkan program tersebut ditentukan oleh pendidikan sejak dini,
Kesehatan sosialisasi, kepribadian dan Stimulasi Psikologi. dalam
merealisasikan program pemerintah tersebut maka kami bermaksud menyelenggarakan pendidikan Non Formal Pusat
Pendidikan Anak Usia Dini (Pusat PAUD) yang ditujukan bagi anak usia 2-6 tahun,
dengan nama PAUD BINTANG PERMATA.
2. Tujuan
·
Mengembang
budi pekerti dalam kehidupan anak
·
Melatih
kemampuan berfikir berbahasa dan bersifat
·
Meningkatkan
disiplin melalui kebiasaan hidup teratur
·
Mengembangkan
Sosialisasi dan Kepekaan Emosional
·
Meningkatkan
pengetahuan melalui kemampuan daya fikir
·
Mengembangkan
Koordinasi Motorikhalus dan kreatif dalam keterampilan dan seni
·
Meningkatkan
pelayanan kesehatan terhadap anak-anak /
peserta didik
3. Sasaran
·
Anak
– anak usia 2 tahun sampai 6 tahun
·
Anak
– anak yang orang Tua sibuk/Bekerja
·
Orang
Tua kurang mampu Ekonominya dalam Pendidikan Non Formal atau TK Bagi Anak.
4.
Lokasi
PendidiIkan
Anak Usia Dini (PAUD) BINTANG PERMATA
beralamat di Perum
Permata Asri Blok E7 No.16
Dusun
: Permata Asri
Kelurahan
: Karang Anya
Kecamatan : Jati Agung
Kabupaten : Lampung Selatan
Provinsi : Lampung
B. Program
Kegiatan Belajar
1.
Prinsip-prinsip
pelaksanaan pembangunan prilaku melalui pembinaan :
·
Menciptakan
pembelajran Konduktif
·
Memberikan
contoh teladan dan bimbingan
·
Memberikan
motifasi dan kesempatan pada anak
·
Pelaksanaan
Program pembentukan prilaku fleksibel
2.
Bentuk
pelaksanaan
a.
Kegiatan Rutin
·
Berbaris
memasuki ruang kelas
·
Mengucapkan
salam bila bertemu orang tua
·
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
·
Kegiatan
belajar mengajar sambil bermain
·
Pembelajaran
prilaku pada waktu istirahat atau bermain
b. Kegiatan
Spontan
·
Cara
mempraktekkan sikap dan prilaku anak yang sudah baik
·
Cara
mencegah pembuatan anak yang tidak baik
3.
Pelaksanaan
pembangunan kemampuan dasar
·
Pengembangan
kemampuan berbahasa
·
Pengembangran
daya fikir
·
Pengembangan
Ketrampilan
·
Jasmani
4.
Waktu
dan tempat belajar
·
Usia
2 s/d 3 Tahun : Hari Senin s/d
Jum’at pukul 08.00 – 10.00
·
Usia
4 s/d 6 Tahun : Hari Senin s/d
Jum’at pukul 08.00 – 11.00
5.
Sarana
Belajar, sarana perlengkapan dan administrasi
a.
Alat
permainan diluar kelas
·
Ayunan
·
Perosotan
b.
Alat
permainan didalam kelas
·
bongkar
pasang
·
Balok
susun
·
Kartu
bergambar
·
Papan
goemetris
·
Kotak-kotak
huruf
·
Papan
pengenal warna
·
Mandi
Bola
c.
Sarana
perlengkapan
·
Meja,
kursi, almari
·
Papan
Tulis dan penghapus
·
Kotak
P3K dan kotak sampah
·
Personal
Computer
d
.
Alat
Tulis Kantor
·
Kertas
HVS
·
Spidol,
Tip-Ex
·
Map
Tidak ada komentar:
Posting Komentar